JAMUR YANG BERSIFAT ENDOPARASIT

NAMA : TAUFIQ ABDULLAH
NPM : 0517_1511_027
PRODI : BDP
SEMESTER : 6

MANAJEMEN AQUACUKTURE TAWAR

JAMUR YANG BERSIFAT ENDOPARASIT PADA IKAN AIR TAWAR.

Jamur adalah kelompok mikroba yang telah diketahui sering menyebabkan penyakit pada ikan yang dipelihara. Ciri khas jamur adalah adanya filamen yang disebut hifa. Filamen jamur dapat dilihat jelas tanpa bantuan mikroskop. Sejumlah hifa akan bergabung membentuk miselium (Afriyanto dkk., 2015).

Gejala serangan jamur dapat dilihat secara klinis, yaitu adanya benang - benang halus menyerupai kapas yang menempel pada telur atau luka pada bagian eksternal ikan. Tanda - tanda ikan yang terserang jamur adalah pada kulit ikan ditumbuhi benang - benang halus seperti kapas berwarna putih atau putih kecokelat - coklatan. Jenis jamur yang sering menyerang ikan air tawar adalah jamur Aphanomyces (menyerang bagian dalam tubuh ikan) dan saprolengmia (menyerang bagian luar ikan) (Afriyanto dkk., 2015). Selain kedua jamur, salah satu jamur yang sering menyerang ikan adalah jamur ichtyophonus sp.

Ichtyophonus sp. adalah penyabab penyakit ichtyophonus atau terkadang disebut sebagai  ichthyophoniasis, Ichthyosporidium, dan atau ichthyosporidiosis (Hershberger, 2012). Ichtyophonus sp. Dilaporkan menyerang ikan budidaya ikan air laut dan ikan budidaya air tawar (Gustafson and Rucker 1956, Doriere and Degrange 1960, Erickson 1965, Miyazaki and Kubota 1977, Anonymous 1991, Athanassopoulu 1992, Franco-Sierra 1997, Gavryuseva 2007 dalam Hershberger, 2012). Kisaran inang Ichthyophonus sangat luas, mencakup lebih dari 80 host ikan (Spanggaard et al 1994 dalam Hershberger, 2012), termasuk 35 ikan laut dan 48 ikan air tawar (Reichenbach - Klinke & Elkan 1965 dalam Hershberger, 2012). Salah satu jenis Ichtyophonus sp. yang menyerang ikan air tawar adalah Ichtyophonus hoferi. Jenis Ichtyophonus hoferi merupakan salah satu jamur yang menyerang organ dalam ikan air tawar.

Dalam penelitian Zadeh et. al. (2014) dengan judul The Detection of Ichthyophonus hoferi in Naturally Infected Fresh Water Ornamental Fishes yang di lakukan di Iran, menunjukan bahwa ikan Black tetra (Gymnocorymbus ternetzi) dan Tiger barb (Pentius tetrazona) positif terinfeksi Ichtyophonus hoferi. Ikan yang diperiksa memiliki tanda-tanda yang ditandai seperti berenang tidak normal, lesu, pembengkakan perut dan tingkat kematian rendah. Selain itu Ichtyophonus hoferi juga menginfeksi organ dalam ikan Black tetra (Gymnocorymbus ternetzi) dan Tiger barb (Pentius tetrazona). Organ dalam yang terinfeksi adalah hati, hati, usus, gonad, jantung dan limpa. Bahkan pada organ jantung dan limpa ditemukan white nodules (sering kali disebut sebagai tumor).


PUSTAKA
Afriyanto E., Evi Liviawaty, Zafran Jamaris, dan Hendi. 2015. Penyakit Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta. Haaman 84, 85.

Hershberger P. K. 2012. Ichthyophonus Disease (Ichthyophoniasis). U.S. Geological Survey. Western Fisheries Research Center. Marrowstone Marine Field Station. Nordland, WA 98358. phershberger@usgs.gov.

Zadeh M. J., Rahim Peyghan,  and Shadi Eftekhar Manavi. 2014. The Detection of Ichthyophonus hoferi in Naturally Infected Fresh Water Ornamental Fishes. Journal of AquacultureResearch & Development. 5:7.

Komentar

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN