PENGARUH AMONIA PADA IKAN DI DALAM AQUARIUM



TUGAS
NUTRISI IKAN

Oleh
TAUFIQ ABDULLAH
0517 1511 027




PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS KHAIRUN
TERNATE
2017



PENGARUH AMONIA PADA IKAN DI DALAM AQUARIUM
Amonia merupakan senyawa kimia yang terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom hidrogen terikat erat, yang memberikan simbol kimia NH3. Amonia dapat mengambil bentuk cairan atau gas yang berbau tajam.
Amonia memegang peran penting di dalam perairan yaitu, dapat di manfaatkan oleh mikroorganisme menjadi Nitrat dan Fosfat yang bermanfaat bagi produktifitas primer. Akan tetapi, apabila kadar ammonia melebihi jumlah yang mampu di toleransi oleh mikroorganisme, dengan kata lain melebihi batas, maka akan bersifat toksin bagi ikan.
Dalam aquarium, ammonia berasal dari hasil metabolisme tubuh dan sisa pakan yang tak termakan. Yang menjadi kekurangan metode budiaya dalam aquarium adalah tidak terdapatnya mikroorganisme yang bias mengurakan hasil metabolisme tubuh dan sisa pakan. Dampaknya, kadar ammonia menjadi tinggi.
Kadar ammonia yang tinggi berpengaruh pada system dan organ pernapasan ikan. Ikan yang menderita keracunan amonia memiliki permasalahan mendapatkan oksigen karena amonia menyebabkan insang ikan menempel dan ikan tidak dapat bernapas.
Ikan yang terpapar amonia akan mengalami stres dan berperilaku berbeda dari biasanya. Ikan mungkin akan berenang lebih cepat dari biasanya atau pergerakannya terlihat tak menentu. Sampai akhirnya menyebabkan kematian. Untuk mencengah hal itu terjadi, maka harus selalu menjaga kebersihan aquarium.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN