Aklimatisasi pada ikan



AKLIMATISASI


Aklimatisasi merupakan suatu upaya penyesuaian fisiologis atau adaptasi dari suatu organisme terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya. Hal ini didasarkan pada kemampuan organisme untuk dapat mengatur morfologi, perilaku, dan jalur metabolisme biokimia di dalam tubuhnya untuk menyesuaikannya dengan lingkungan. Beberapa kondisi yang pada umumnya disesuaikan adalah suhu lingkungan, derajat keasaman (pH), dan kadar oksigen. Proses penyesuaian ini berlangsung dalam waktu yang cukup bervariasi tergantung dari jauhnya perbedaan kondisi antara lingkungan baru yang akan dihadapi, dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.
Proses aklimatisasi pada ikan :
1.      kantong ikan direndam atau di apungkan di atas permukaan air selama 15-20 menit, hal ini dilakukan untuk meyesuaikan suhu di dalam kantong dengan suhu di luar kantong atau suhu air kolam


2.      setelah proses pertama dilakukan, buka mulut kantong dan masukan air kolam ke dalam kantong secara perlahan – lahan kemudian diamkan selama 5 – 10 menit. Hal ini dilakukan untuk penyesuaian parameter kualitas air.


3.      Proses terakhir yang dilakukan adalah pelepasan. Buka kantong kemudian biarkan ikan keluar dengan sendirinya.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN