Sistem panen ikan gurame



SISTEM PANEN IKAN GURAME DI KOLAM

Gurame merupakan jenis ikan konsumsi air tawar, bentuk badan pipih lebar, bagian punggung berwarna merahsawo dan bagian perut berwarnakekuning-kuningan/ keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici.

Klasifikasi ikan gurame adalah sebagai berikut:
Kerajaan          : Animalia
Filum               : Chordata
Kelas               : Pisces
Sub Kelas        : Teleostei
Ordo                : Labyrinthici
Sub Ordo        : Anabantoidae
Famili              : Anabantidae
Genus              : Osphronemus
Species            : Osphronemus goramy (Lacepede)
Habitat ikan Gurame adalah air tawar dan ekologinya tersebar di Indonesia, Thailand, Malaysia, Jepang, dan Australia. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.

Dalam kegiatan budidaya ikan Gurame di, biasanya digunakan kolam terpal , kolam tanah, dan kolam beton. Ketiga kolam ini di desain khusus memiliki pintu pemasukan dan pengeluaran air. Pintu pengeluaran air berfungsi untuk mempermudah proses pemanenan.

Di indonesia ikan gurame panen ikan gurame di kolam waktu optimalnya 2 s/d 4 tahun.
Cara Pemanenan :
-          Pemanenan ikan gurame sangat tersantung dari ukuran yang diminta konsumen. Pemanenan benih dapat dilakukan setelah benih berumur 1 bulan. Sementara untuk ikan konsumsi, waktu optimalnya 2-4 tahun. Ikan yang berumur 2 tahun mempunyai panjang sekitar 25 cm dan berat 0,3 kg/ekor. Ikan yang berumur 3 tahun panjangnya sekitar 35 cm dan berat badan 0,7 kg/ekor. Dan ikan yang berumur 4 tahun panjangnya dapat mencapai 40 cm dan berat 1.5 kg/ekor.
-          Adapun cara penangkapan: air disurutkan sedikit demi sedikit, penangkapan dilakukan pada pagi hari. Hindari cara penangkapan yang dapat menyebabkan ikan terluka. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN