PROFIL USAHA ISTANA IKAN HIAS



Tugas : Kewirausaahan
PROFIL USAHA




Oleh
TAUFIQ ABDULLAH

PROGRAM STUDY BUDIDAYA PERAIRAN
FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS KHAIRUN
TERNATE
2017

PROFIL USAHA
IKAN HIAS AIR TAWAR
Usaha budidaya ikan hias memiliki prospek untuk dikembangkan. Hal ini disebabkan dalam budidaya ikan hias memiliki keunggulan - keunggulan seperti menggunakan teknologi yang cukup sederhana, dapat diusahakan dalam skala rumah tangga, tidak membutuhkan lahan yang luas, dapat dipanen dalam jangka waktu yang singkat, memiliki perputaran modal yang cepat, dan pasar yang menjanjikan, artinya usaha ini mulai diminati oleh setiap kalangan. Hal inilah yang menjadi dasar pikir Amira Khotijah Syarif Albaar untuk mendirikan usaha ikan hias air tawar di Kota Ternate.
Amira merupakan anak dari seorang dokter terkenal yang juga memiliki usaha di bidang barang dan jasa bahkan ia pernah bekerja pada ayahnya. Seiring dengan berjalannya waktu, Amira menikah dengan seorang politikus dan mengelolah keuangan keluarga mereka dengan mendirikan usaha ikan hias.
Amira akhirnya memutuskan untuk mengambil alih usaha ikan hias yang saat itu dimiliki oleh seorang keturunan Tionghoa dan merubah namanya menjadi “Istana Ikan Hias”. Dengan modal Rp.3 miliar dan menyusun planing ± sekitar setahun, Amira pun memulai usahanya dengan mengurus berkas – berkas hukum seperti SIUP, Perpajakan dan lain – lain serta meningkatkan produk-produk jualannya diantaranya ikan, pakan ikan, dan peralatan budidaya.
Usahanya ini dimulai pada tahun 2009 yang merupakan usaha berkelanjutan sehingga sudah dikenal oleh konsumen. Hal ini juga memudahkan dalam mempromosikan usahanya. Amira memulai usahanya tepat di depan rumahnya yang berada di Kel. Kalumpang. Dalam jangka 3 tahun, Amira mencapai break event point dan memutuskan untuk membuka cabang baru di Kel. Mangga dua karena lokasinya yang strategis. Amira juga memperkerjakan dua karyawan dalam bidang pemasaran dan perawatan alat.
Ikan hias yang ia perdagangkan disuplai dari Prov. Sulsel yang terbukti kualitasnya. Hal ini sering kali menjadi problem ketika pesanan terlambat didatangkan. Tetapi problem ini dapat di atasi dengan cara bekerja sama dengan suplayer skala rumah tangga di Kota Ternate. Menurut Amira, apabila adanya pesaing dengan usaha yang sama, maka ia akan meningkatkan kualitas produknya dan mempertahankan pelanggannya dengan cara membuat catatan khusu seperti “Daftar Pelanggan” yang di dalamnya tercantum informasi mengenai pelanggan seperti nama, alamat, no. tlp dan sebagainya.     
Istana Ikan Hias sekarng telah menjalin hubungan dengan beberapa instansi, beberapa instansi tersebut adalah DKP Kota Ternate dan DKP Prov. Malut. Bahkan Istana Ikan Hias pernah menjadi “Juara Favorit Kedua” dalam lomba yang diselenggarakan oleh DKP Prov. Malut. pada tahun 2015 dengan tema  “Bazar dan Pameran Produk Olahan Perikanan. Degan prestasi inilah, Amira yakin dan percaya bahwa usaha Istana Ikan Hias milikinya memiliki masa depan yang cerah.
References
https://elfianpermana010.wordpress.com/2015/11/21/proposal-budidaya-ikan-hias-ikan-cupang/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_hias
http://harianhaluan.com/news/detail/52185/bermodal-rp130-ribu-rendi-raup-rp6-juta
http://www.analisausaha.com/contoh-proposal-ikan-hias/
http://www.dayausaha.com/peluang-usaha-modal-kecil-dg-budidaya-ikan-hias-air-tawar/
http://www.reanimator.by/blog/barlasipolen.html
http://www.spotusaha.com/search/contoh-proposal-usaha-budidaya-ikan-hias
http://www.tokomesin.com/peluang-bisnis-ikan-hias-dan-analisa-bisnisnya.html
Dokumentasi
 
Lokasi Wawancara 
 Kegiatan Wawancara 
 Piala Penghargaan

Komentar

  1. Server boleh sama, tetapi EDENPOKER memberikan sensasi yang berbeda dan juga pelayanan yang tercepat & terbaik.
    yuk tunggu apa lagi segera join bersama kami!
    www. edenpoker. bet .

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN