FUNGSI AKAR : mangrove, ubi, wortel, & pohon beringin


 
 
FUNGSI ORGAN AKAR
Fungsi Organ Akar Mangrove
Berikut adalah fungsi akar bakau :
  1. Fungsi pertama adalah untuk menjaga dan memantapkan pertumbuhan dari tanaman bakau. Akar bakau membuat tanaman bakau mampu berdiri tegak dan menyangga daerah pesisir, sehingga mampu untuk bertahan menghadapi gelombang dan mencegah terjadinya abrasi. Dengan adanya akar tersebut, tanaman bakau akan mampu menjalankan fungsinya di dalam ekosistem dengan baik.
  2. Fungsi kedua dari akar bakau adalah sebagai akar nafas. Ya, perlu diketahui bahwa kondisi hutan bakau dengan ekosistem yang berlumpur cenderung tebal dan padat menyebabkan udara menjadi sulit untuk diperoleh di dalam tanah (bagian air). Karena itu, akar bakau banyak yang berada di luar air, fungsinya adalah sebagai akar nafas, yang membantu agar tanaman bakau tersebut dapat melakukan proses respirasi dan proses fotosintesis dengan baik dan juga optimal.
 Gambar Akar Mangrove :
Fungsi  Organ Akar Ubi
Pada Ubi akar digunakan sebagai tempat menyimpan makanan cadangan. Berikut Ini Gambar akar ubi :
Fungsi Akar Wortel
Akar wortel berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan sehingga akar akan berubah menjadi besar , bulat dan memanjang.  Berikut ini gambar akar wortel :
Fungsi Akar Pohon Beringin
Akar pada pohon beringin memiliki keunikan tersendiri, dimana pada bagian batang akan tumbuh akar gantung yang berfungsi untuk respirasi. Akar ini tumbuh menggantung dari batang ke arah tanah, dan ketina sudah masuk kedalam tanah, akar akan berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi. berikut ini gambar akar pohon beringin :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENGARAHAN

Laporan Praktikum Fisiologi Hewan Air : OSMOREGULASI PADA IKAN NILA DENGAN PENGARUH PEMBERIAN SALINITAS YANG BERBEDA

SISTEM PENCERNAAN PADA IKAN